Pengertian Manejemen
Manajemen adalah orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara
berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau orang yg
berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan
pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.kata Manajemen berasal
dari bahasa Prancis kuno “ménagement”, yang artinya seni melaksanakan dan
mengatur.Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan
mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Jenis- Jenis Manajemen
- Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat di pelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah - Manajemen Operasional
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen dengan teknik produksi yang seefesien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi. - Manajemen Pemasaran
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan. - Manajemen Keuangan
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
Pengertian Psikologi Manejemen
Psikologi Manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur sumber
daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Dengan ditemukan dan dikembangkannya
ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting
dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Tujuan Psikologi
Manajemen
Ilmu psikologi berpusat pada manusia, dan mampu mengetahui berbagai faktor
internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dll dengan
berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja yang
setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Dengan adanya psikologi manajemen, kinerja SDM akan teratur dengan baik dan
tingkat produktivitas meningkat.
Organisasi
Organisasi
berasal dari bahas yunani yaitu oragon yang mempunyai arti alat.Sedangkan
menurut istilah organisasi bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya
orang-orang unutk melakukan kerja sama secara sistematis,terkendali dengan
memanfaatkan sumber daya yang ada unutk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan
bersama.
Tujuan Organisasi
Tujuan organisasi merupakan kebutuhan yang ingin dipenuhi dalam jangka waktu tertentu. Visi merupakan keinginan jangka panjang, yang
direalisasikan melalui usaha pencapaian tujuan jangka pendek,tujuan jangka mengnengah dan
jangka panjang. Tujuan ini yang ingin dicapai oleh orang-orang
yang membentuk organisasi.ada 3 jangka tujuan yaitu:
1.Tujuan jangka panjang adalah sasaran
jangka panjang yang ditentukan sebagai hasil akhir spesifik yang ingin dicapai
sebuah organisasi dengan melakukan misi. Jangka panjang berarti lebih dari satu
tahun. Sasaran perlu untuk keberhasilan organisasi karena menyatakan arah,
membantu dalam evaluasi, menciptakan sinergi, mengungkapkan prioritas,
memfokuskan koordinasi, dan menyediakan dasar untuk perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan aktivitas secara efektif. Sasaran
harus menantang, dapat diukur, konsisten, pantas, dan jelas.
2.Tujuan jangka pendek adalah sasaran
tahunan yang harus dicapai organisasi dalam rangka mencapai sasaran jangka
panjang (visi). Seperti sasaran jangka panjang, sasaran jangka pendek atau
tahunan harus dapat diukur, kuantitatif, menantang, realistic, konsisten, dan
mempunyai prioritas. Tujuan harus ditetapkan pada tingkat korporasi, divisi
atau fungsional dalam organisasi. Tujuan ini harus dinyatakan dalam aspek
manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi, produksi atau operasi, penelitian dan pengembangan,
serta sistem informasi.
3.Tujuan jangka
menengah merupakan sasaran antara tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.
Pencapaian tujuan jangka menengah merupakan akumulasi dari pencapaian tujuan
jangka pendek beberapa tahun.
Karakteristik
Organisasi
1.Punya
maksud tertentu, dan merupakan kumpulan berbagai manusia
2.Punya
hubungan sekunder (impersonal)
3.Punya
tujuan yang khusus dan terbatas
4.Punya
kegiatan kerjasama pendukung
5.Terintegrasi
dalam sistem sosial yang lebih luas
6.Menghasilkan
barang dan jasa untuk lingkungannya dan sangat terpengaruh atas setiap
perubahan lingkungan.
Daftar
Pustaka
1.Usman,
Husnaini, Manajemen Teori, Praktik, & Riset Pendidikan, Bumi Aksara,
Jakarta, 2008. 2.Tisnawati Sule, Erni, Pengantar Manajemen, Kencana,
Bandung, 2004.
3.Fathoni,
Abdurrahmat, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,Rineka
Cipta, Bandung, 2006.
4.Handoko, T. Hani, Manajemen, BPFE,
Yogyakarta, 1999.
5.Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Dasar,
Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara; Jakarta, 2007. 6.Wursanto,
Ig, Dasar-dasar Ilmu organisasi, CV. Andi
offset; 2005.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar