Kamis, 01 Oktober 2015

Psikologi Manejemen (Pertemuan 1)

Pengertian Manejemen
Manajemen adalah orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau orang yg berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno “ménagement”, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur.Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Jenis- Jenis Manajemen
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
    Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat di pelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah
  2. Manajemen Operasional
    Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen dengan teknik produksi yang seefesien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
  3. Manajemen Pemasaran
    Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan. 
  4. Manajemen Keuangan
    Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. 
Pengertian Psikologi Manejemen
Psikologi Manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
         Tujuan Psikologi Manajemen
Ilmu psikologi berpusat pada manusia, dan mampu mengetahui berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dll dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Dengan adanya psikologi manajemen, kinerja SDM akan teratur dengan baik dan tingkat produktivitas meningkat.

Organisasi
            Organisasi berasal dari bahas yunani yaitu oragon yang mempunyai arti alat.Sedangkan menurut istilah organisasi bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang unutk melakukan kerja sama secara sistematis,terkendali dengan memanfaatkan sumber daya yang ada unutk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama.
Tujuan Organisasi
            Tujuan organisasi merupakan kebutuhan yang ingin dipenuhi dalam jangka waktu tertentu. Visi merupakan keinginan jangka panjang, yang direalisasikan melalui usaha pencapaian tujuan jangka pendek,tujuan jangka mengnengah dan jangka panjang. Tujuan ini yang ingin dicapai oleh orang-orang yang membentuk organisasi.ada 3 jangka tujuan yaitu:
1.Tujuan jangka panjang adalah sasaran jangka panjang yang ditentukan sebagai hasil akhir spesifik yang ingin dicapai sebuah organisasi dengan melakukan misi. Jangka panjang berarti lebih dari satu tahun. Sasaran perlu untuk keberhasilan organisasi karena menyatakan arah, membantu dalam evaluasi, menciptakan sinergi, mengungkapkan prioritas, memfokuskan koordinasi, dan menyediakan dasar untuk perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan aktivitas secara efektif. Sasaran harus menantang, dapat diukur, konsisten, pantas, dan jelas.

2.Tujuan jangka pendek adalah sasaran tahunan yang harus dicapai organisasi dalam rangka mencapai sasaran jangka panjang (visi). Seperti sasaran jangka panjang, sasaran jangka pendek atau tahunan harus dapat diukur, kuantitatif, menantang, realistic, konsisten, dan mempunyai prioritas. Tujuan harus ditetapkan pada tingkat korporasi, divisi atau fungsional dalam organisasi. Tujuan ini harus dinyatakan dalam aspek manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi, produksi atau operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi.

3.Tujuan jangka menengah merupakan sasaran antara tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Pencapaian tujuan jangka menengah merupakan akumulasi dari pencapaian tujuan jangka pendek beberapa tahun.

Karakteristik Organisasi
1.Punya maksud tertentu, dan merupakan kumpulan berbagai manusia
2.Punya hubungan sekunder (impersonal)
3.Punya tujuan yang khusus dan terbatas
4.Punya kegiatan kerjasama pendukung
5.Terintegrasi dalam sistem sosial yang lebih luas
6.Menghasilkan barang dan jasa untuk lingkungannya dan sangat terpengaruh atas setiap perubahan lingkungan.
Daftar Pustaka
1.Usman, Husnaini, Manajemen Teori, Praktik, & Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2008. 2.Tisnawati Sule, Erni, Pengantar Manajemen, Kencana, Bandung, 2004.
3.Fathoni, Abdurrahmat, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,Rineka Cipta,      Bandung, 2006.
 4.Handoko, T. Hani, Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 1999.

 5.Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara; Jakarta, 2007. 6.Wursanto, Ig,  Dasar-dasar Ilmu organisasi, CV. Andi offset; 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar